Minggu, 03 Februari 2013

Biografi Dale Carnegie


Lahir pada tahun 1888 di Maryville, Missouri, Carnegie adalah seorang anak petani yang tidak mampu. Ia adalah putra kedua dari pasangan James William Carnagey (lahir Indiana, Februari 1852) dan Amanda Elizabeth Harbison (lahir Missouri, Februari 1858). Anak Missouri ini, yang pernah memetik arbei dan memotong kayu dengan upah lima sen satu jam, kini menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi untuk para eksekutif perusahaan-perusahaan besar dalam seni ekspresi diri.
Mantan koboi ini, yang pernah mencap anak sapi dan memasang pagar di sebelah barat South Dakota, belakangan berangkat ke London untuk melangsungkan pertunjukan di bawah perlindunggan keluarga kerajaan.

Dale Carnegie yang mengalami gagal total sebanyak enam kali ketika dia mencoba berbicara di depan publik, belakangan menjadi manajer pribadi Lowell Thomas.
Canregie muda harus berjuang untuk memperoleh pendidikan, karena nasib malang selalu menerpanya di peternakan lama di sebelah barat lau Missouri. Dari tahun ke tahun, sungai “102” meluap dan menenggelamkan jagung dan menyapu bersih jerami. Dari musim ke musim, babi-babi gemuk itu menjadi sakit dan mati karena kolera, pasar ternak yang merosot turun sampai ke dasar, dan bank yang mengancam untuk menyita hipoteknya.

Merasa kecewa dan putus asa, keluarganya menjual seluruh milik mereka dan membeli peternakan lain dekat State Teachers’ College di Warrensburgh, Misouri. Sewa kamar sebenarnya bisa diperoleh di kota dengan harga satu dolar sehari, namun Carnegie muda tidak mampu membayarnya. Maka dia harus tetap tinggal di peternakan dan pulang pergi dengan menunggang kuda sejauh tiga mil ke perguruan tinggi itu setiap hari. Di rumah, dia memerah sapi, memotong kayu, memberi makan anak-anak babi, dan belajar kata kerja latin dengan penerangan lampu minyak batubara, sampai matanya menjadi suram dan kepalanya mulai terangguk-angguk.

Bahkan ketika dia berbaring di tempat tidur pada malam hari, dia menyetel alarmnya agar berdering pada pukul tiga pagi. Ayahnya memelihara anak-anak babi Duroc-Jersey – dan di tempat itu berbahaya, pada malam-malam yang sangat dingin, anak-anak babi itu akan membeku dan mati; maka mereka dimasukkan ke dalam keranjang, diselimuti dengan karung goni, meudian diletakkan di belakang kompor dapur. Menurut sifat dasar mereka, babi-babi itu menuntut makanan hangat pada pukul 3 pagi. Maka, pada saat alarm berhenti berdering, Dale Carnegie merangkak keluar dari selimutnya, membawa keanjang babi-babi itu kepada ibu mereka, menunggui mereka diberi makan, dan kemudian membawa mereka kembali ke belakanag tungku dapur yang hangat.

Ada 600 mahasiswa yang belajar di State Teachers’ College, dan Dale Carnegia merupakan salah satu mahasiswa yang terisolasi dari setengah lusin mereka yang tidak mampu untuk tinggal di kota. Dia merasa malu karena miskin, sehingga dia harus berkuda pulang pergi ke peternakan, dan diapun harus memerah susu setiap malam. Dia merasa malu dengan pakaiannya yang terlalu sempit, dan celana panjangnya yang terlalu pendek. Dengan cepat dia berkembang menjadi seorang rendah diri, dia pun berusaha melihat berkeliling mencari jalan pintas menjadi terkenal. Dia segera mendapati bahwa ada beberapa kelompok tertentu di perguruan tinggi yang menikmati pengaruh dan prestise – yaitu para pemain sepak bola dan baseball, juga orang-orang yang memenangkan depat dan kontes berbicara di depan umum.

Menyadari bahwa dia tidak punya bakat untuk bidang atletik, dia memutuskan untuk memenangkan salah satu kontes pidato. Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam menyiapkan pidatonya. Dia berlatih ketika duduk di pelana kuda berangkat ke kampus dan saat dia memerah susu sapi; dan kemudian dia akan menumpuk jerami di gudang gandum dan dengan semangat menyala mempraktekan pidatonya yang berapi-api sehingga merpati-merpati menjadi ketakutan melihat peristiwa hari itu.

Namun, meskipun dengan semua semangat dan persiapan, Dale muda ternyata mengalami kekalahan demi kekalahan. Saat itu dia berusia 18 tahun, seorang yang sensitif dan angkuh. Dia menjadi sangat putus asa, sangat depresi, sehingga di bahkan berpikir untuk bunuh diri. Tapi kemudian tiba-tiba dia mulai meraih kemenangan, tidak hanya pada satu kontes, tetapi pada setiap kontes pidato yang berlangsung di kampusnya.
Mahasiswa-mahasiswa lain memohon kepadanya untuk melatih mereka; dan mereka juga menang dalam kompetisi.
Setelah tamat dari perguruan tinggi, dia mulai menjual kursus-kursus korespondensi kepada para pengusaha ternak di antara bukit-bukit pasar di sebelah barat Nebraska dan sebelah timur Wyomning. Walaupun ia memiliki energi dan antusiasme yang tanpa batas, dia tetap tidak bisa mencapai keberhasilan. Dia menjadi sangat putus asa sehingga dia pergi ke kamar hotelnya di Alliance, nebraska, pada tengah hari, melempar tubuhnya ke atas tempat tidur, dan meratap putus asa. Dia ingin sekali kembali ke kampus, dia ingin sekali menyerah dari perjuangan keras kehidupan; tapi dia tidak mampu. Maka dia memutuskan untuk pergi ke Omaha dan mencari pekerjaan lain. Dia tidak punya uang untuk membeli tiket kereta, maka di berangkat dengan menumpang kereta barang, dan untuk itu dia harus memberi makan dan minum dua gerbong kuda-kuda liar sebagai ongkos untuk tumpangannya. Ia bangun pukul 4 tiap pagi memerah sapi milik orangtuanya dan lalu pergi sekolah di State Teacher's College di Warrensburg. setelah selesai sekolah adalah memberikan kursus korespondensi kepada para peternak, lalu menjual bacon, sabun dan lemak babi kepada Armour & Company. Ia sangat sukes melakukan penjualan di wilayah Omaha Selatan di Nebraska.
Setelah menabung $500, Carnegie berhenti berjualan pada tahun 1911 guna mengejar impiannya untuk menjadi pengajar diChautauqua. Namun malahan ia masuk ke American Academy of Dramatic Arts di New York, namun kariernya sebagai aktor tidak begitu sukses. Salah satu perannya adalah menjadi Dr. Hartley dalam pertunjukkan Polly of the Circus. Ketika produksi berakhir, ia menjadi pengangguran dan hampir bangkrut. Ia tinggal di the YMCA di 125th Street. Disanalah ia mendapatkan ide untuk mengajarkan public speaking. Ia meyakinkan manajer "Y" agar mengizinkannya mengajar sebuah kelas dengan pengembalian profit 80%. Dalam sesi pertamanya, ia kehabisan materi; namun ia tidak kehabisan akal, ia meminta murid-murid di kelasnya "menceritakan sesuatu hal yang membuat mereka bisa marah", dan menemukan bahwa teknik itu membuat mereka tidak takut lagi untuk berbicara di depan orang banyak. Dari debut tahun 1912 ini, dibentuklah Dale Carnegie Course. Carnegie telah meningkatkan hasrat orang Amerika untuk memiliki kepercayaan diri, dan pada tahun 1914, ia telah menghasilkan keuntungan $500 - sekitar $10,000 untuk ukuran saat ini- per minggunya.
Mungkin salah satu gebrakan marketing Carnegie yang paling fenomenal adalah pengubahan ejaan nama belakangya dari “Carnegey” menjadi Carnegie, dimana pada saat yang sama Andrew Carnegie (tidak ada hubungan darah) menjadi sangat terkenal. Pada tahun 1916, Dale telah mampu untuk menyewa Carnegie Hall untuk memberikan pengajaran dan traininge. Koleksi pertama tulisannya adalah Public Speaking: a Practical Course for Business Men (1926), kemudian judulnya diubah lagi menjadi Public Speaking and Influencing Men in Business (1932). Namun, pencapaiannya yang paling luar biasa saat Penerbit Simon & Schuster menerbitkan buku Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain. Dari debutnya pada tahun 1937, dalam beberapa bulan kemudian telah mencapai cetakan yang ke-17. Setelah wafatnya Carnegie pun, buku tersebut telah mencapai penjualan 5 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 31 bahasa. Lalu Dale Carnegie Institute yang didirikannya telah menghasilkan 450.000 orang lulusan. Ia tercatat telah memberikan sebanyak 150 ribu pidato dalam partisipasinya di berbagai program pendidikan. Pada masa perang dunia I, ia bergabung dalam militer AS.
Pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian tahun 1931. Pada 5 November 1944, di Tulsa, Oklahoma, ia menikah lagi dengan Dorothy Price Vanderpool, yang juga nantinya bercerai. Vanderpool punya 2 putri; Rosemary, dari pernikahan terdahulu, dan Donna Dale dari Carnegie.
Carnegie meninggal di Forest Hills, New York, pada tanggal 1 November 1955, dan dimakamkan di Belton, Cass County, Missouri. Biografi resmi dari Dale Carnegie & Associates, Inc. menyebutkan bahwa ia menderita penyakit Dodgkin.

Karya

  • Make Your Self Unforgettable. PT Gramedia Pustaka Utama.
  • Public Speaking and Influencing Men In Business. Association Press.
  • How to Win Friends and Influence People atau Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain dalam versi bahasa indonesia, Nina Fauzia N.S sebagai Alih bahasa. Buku pengembangan diri tentang hubungan interpersonal yang telah di terjemahkan ke 37 bahasa. Simon dan Schuster.
  • How to Stop Worrying and Start Living. Buku pengembangan diri tentang mengelola stres. Simon & Schuster.
  • Lincoln the Unknown oleh Dale Carnegie. Biografi Abraham Lincoln. Dale Carnegie & Associates, Inc.
  • The Quick and Easy Way to Effective Speaking. Revisi dariPublic Speaking And Influencing Men In Business oleh Dorothy Carnegie. Dale Carnegie & Associates, Inc.
  • The Leader In You.
  • The Dale Carnegie Scrapbook, diedit oleh Dorothy Carnegie. Koleksi kutipan dari Dale Carnegie. Simon and Schuster.
  • How To Develop Self-Confidence and Influence Others Through Public Speaking.
  • Managing Through People. Aplikasi Dale Carnegie tentang prinsip hubungan manusia dengan manajemen. Simon and Schuster.
  • Pathways to Success - In Your Personal and Private Lives

Referensi : 
- http://wapannuri.com/a.kepemimpinan/biografi-dale-carnegie.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Dale_Carnegie




1 komentar:

  1. Dale Carnegie orang yang hebat , dengan bukunya Dale Carnegie bisa merubah banyak pecundang menjadi pemenang . luar biasa.

    BalasHapus